Rumput Lapangan Sintetis atau Rumput Lapangan Asli? Mana yang Lebih Baik?

Rumput Lapangan Sintetis atau Rumput Lapangan Asli? Mana yang Lebih Baik?

Lapangan, tanah lapang yang dipergunakan sebagai area olahraga baik itu sepak bola atau futsal dan berbagai kegiatan aktivitas olahraga lainnya.

Rumput dan lapangan dua hal yang tidak mungkin lepas dan saling melengkapi, lapangan tanpa rumput tentunya terasa gersang dan saat bermain di atasnya pun membuat tubuh kita mudah menjadi kotor dan cedera akibat terjatuh pun akan semakin lebih terasa sakit.

Beda dengan lapangan yang menggunakan rumput, tentu saat kita berolahraga di atas lapangan yang berumput lebih menyenangkan dan lebih aman dibandingkan yang tidak menggunakan rumput.

Pertumbuhan rumput juga dapat mengurangi suasana lapangan terlihat panas dan memberikan keindahan estetika dari warna hijaunya yang dapat menyegarkan mata.

Dewasa ini penggunaan rumput tidak hanya dimanfaatkan pada lapangan yang luas saja, melainkan seperti lapangan kecil untuk futsal, hingga taman pada rumahan juga ikut memanfaatkan rumput sebagai elemen memperindah lingkungan. Pemanfaatan rumput yang berkembang saat ini bukan tanpa alasan, salah satu alasannya adalah karena kita dapat menggunakan rumput sintetis atau rumput buatan yang bisa digunakan untuk apa saja dan pengaplikasiannya yang mudah.

Untuk Anda yang saat ini sedang membangun lapangan untuk bisnis atau untuk umum dan yang sedang membangun taman kecil di pekarangan murah, bingung untuk memilih rumput asli atau rumput sintetis? Penulis akan membantu Anda menentukan mana yang terbaik.

Rumput Sintetis vs Rumput Asli

Rumput sintetis atau rumput asli keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung dari kebutuhannya.

Rumput sintetis sendiri adalah rumput buatan yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan bentuk aslinya, dipasaran Anda bisa menemukan penjual atau distributor rumput lapangan futsal yang menjual rumput sintetis ini.

Terdapat berbagai macam jenis kualitas dari rumput sintetis ini, tergantung dari material bahan pembuatannya, ada yang bersifat empuk dan lembut ada juga yang memiliki material bersifat kasar dan keras.

Kelebihan rumput sintetis :

  • Mudah dalam perawatan, tidak membutuhkan perawatan rutin
  • Pengaplikasian yang mudah, tidak butuh tenaga profesional, dan
  • Dapat digunakan di dalam ruangan

Kekurangan rumput sintetis :

  • Harganya mahal untuk jenis yang berkualitas

Dan untuk rumput asli, rumput ini juga masih banyak dipakai dan dicari untuk kebutuhan lapangan. Namun untuk penggunaan rumput aslinya ini biasanya untuk lapangan besar dan bersifat outdoor atau luar ruangan.

Rumput asli memiliki kelebihan :

  • Memiliki aroma yang menyegarkan saat pagi hari
  • Biaya murah untuk pembelian bibit
  • Lebih ramah lingkungan

Kekurangan rumput asli :

  • Butuh perawatan insentif dan penanaman kembali setelah lapangan digunakan
  • Butuh tenaga profesional untuk mengembalikan kondisi lapangan seperti semula

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari rumput asli dan rumput sintetis. Mana yang lebih cocok? Tergantung dari kebutuhan dan budget Anda, jika Anda ingin menggunakan rumput pada lapangan indoor lebih baik menggunakan rumput sintetis, tetapi jika untuk lapangan outdoor lebih baik menggunakan rumput asli.

Bozeman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *