Mengenal Struktur Rangka Besi Beton

Mengenal Struktur Rangka Besi Beton

Struktur rangka besi beton adalah jenis bangunan modern yang sangat umum – atau mungkin yang paling umum – secara internasional. Seperti namanya, bangunan jenis ini terdiri dari rangka atau rangka beton. Anggota horizontal dari bingkai ini disebut  balok , dan anggota vertikal disebut  kolom . Manusia berjalan di atas bidang datar beton yang disebut  pelat  (lihat gambar 2 di bagian bawah halaman untuk ilustrasi dari setiap bagian utama struktur rangka ).

Dari jumlah tersebut, kolom adalah yang paling penting, karena merupakan elemen pembawa beban utama bangunan. Jika Anda merusak balok atau pelat dalam sebuah bangunan, ini hanya akan mempengaruhi satu lantai, tetapi kerusakan pada kolom dapat meruntuhkan seluruh bangunan.

Ketika kami mengatakan beton dalam perdagangan bangunan, yang kami maksud adalah beton bertulang. Nama lengkapnya adalah beton semen bertulang, atau RCC. RCC adalah beton yang mengandung batang baja, disebut tulangan tulangan, atau tulangan. Kombinasi ini bekerja dengan sangat baik, karena beton sangat kuat dalam kompresi, mudah diproduksi di lokasi, dan tidak mahal, dan baja memiliki tegangan yang sangat kuat. Anda bisa menemukan besi beton ini di salah satu supplier besi beton di Surabaya.

Untuk membuat beton bertulang, yang pertama membuat cetakan yang disebut  bekisting , yang akan berisi beton cair dan memberikan bentuk dan bentuk yang kita butuhkan. Kemudian seseorang melihat gambar insinyur struktur dan tempat-tempat di batang tulangan baja, dan mengikatnya menggunakan kawat. Baja yang diikat disebut  sangkar penguat , karena bentuknya yang satu.  

Setelah baja dipasang, seseorang dapat mulai menyiapkan beton, dengan mencampurkan semen, pasir, serpihan batu dalam berbagai ukuran, dan air dalam mixer semen, dan menuangkan beton cair ke dalam bekisting hingga benar-benar tepat. level tercapai. Beton akan menjadi keras dalam hitungan jam, tetapi membutuhkan waktu sebulan untuk mencapai kekuatan penuhnya. Oleh karena itu biasanya ditunda sampai periode itu. Selama waktu ini beton harus  diawetkan , atau disuplai dengan air di permukaannya, yang diperlukan agar reaksi kimia di dalamnya dapat berjalan dengan baik.

Ada jenis sambungan lain, termasuk sambungan berengsel , yang digunakan dalam struktur baja , tetapi struktur rangka beton memiliki sambungan momen pada 99,9% kasus. Rangka ini menjadi sangat kuat, dan harus menahan berbagai beban yang bekerja pada sebuah bangunan selama masa pakainya. Itulah sedikit penjelasan mengenai struktur rangka besi beton, Anda bisa mencari dan menemukan produk besi beton secara lengkap di besi beton di Surabaya DPP.

Bozeman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *