Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Besi Beton Bertulang

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Besi Beton Bertulang

Besi beton bertulang adalah kombinasi beton semen tradisional dengan batang besi baja. Kombinasi ini dibuat untuk memanfaatkan kekuatan tekan beton dan kekuatan tarik baja secara bersamaan.

Dalam beton bertulang, komponen bekerja bersama untuk menahan berbagai jenis pemuatan dan tekanan. Beton menahan kompresi dan tulangan baja menolak gaya tegang.

Besi beton bertulang merupakan material bahan bangunan yang ekonomis dan populer saat ini. Besi jenis ini banyak digunakan dalam berbagai jenis konstruksi bangunan di seluruh dunia.  Untuk harga besi beton sendiri di setiap wilayah dan negara memiliki harga yang berbeda, seperti harga besi Surabaya berbeda dengan harga besi di wilayah lain.

Seiring dengan banyak keunggulan, besi beton bertulang juga memiliki beberapa kelemahan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari besi jenis ini? Mari kita simak ulasannya.

Kelebihan Besi Beton Bertulang

  1. Beton bertulang memiliki kekuatan tekan yang tinggi dibandingkan bahan bangunan lainnya.
  2. Beton bertulang dapat menahan sejumlah tegangan tarik sesuai dengan jumlah tulangan dalam beton.
  3. Besi beton bertulang tahan api dan cuaca.
  4. Sistem bangunan beton bertulang lebih tahan lama dibandingkan sistem bangunan lainnya.
  5. Beton bertulang, sebagai bahan fluida, pada awalnya, dapat dibentuk secara ekonomis menjadi berbagai bentuk yang hampir tak terbatas.
  6. Biaya perawatan beton bertulang sangat rendah.
  7. Dalam struktur seperti pijakan, bendungan, dermaga dll. Beton bertulang adalah bahan konstruksi yang paling ekonomis.
  8. Mudah dibentuk, karena beton bertulang dapat dibentuk sesuai bentuk apapun, beton ini banyak digunakan dalam komponen struktural pracetak.
  9. Untuk membangun konstruksi dengan besi beton bertulang tidak begitu sulit.

Kekurang Besi Beton Bertulang

  1. Kekuatan tarik beton bertulang sekitar sepersepuluh dari kekuatan tekannya.
  2. Langkah-langkah utama menggunakan beton bertulang adalah mencampur, menuang, dan menyembuhkan. Semua ini mempengaruhi kekuatan terakhir, sehingga harus dikerjakan dengan baik dan tepat.
  3. Biaya formulir yang digunakan untuk pengecoran RC relatif lebih tinggi.
  4. Untuk bangunan bertingkat banyak, bagian kolom RCC lebih besar daripada bagian baja karena kuat tekannya lebih rendah dalam kasus RCC .
  5. Penyusutan menyebabkan pengembangan retak dan kehilangan kekuatan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan besi beton bertulang. Dipasaran kita bisa menemukan besi beton bertulang dengan berbagai kualitas, dimana kualitas ini juga menentukan harga besi. Anda bisa menemukan harga besi Surabaya yang terjangkau di CV. Aneka Steel Teknik.

Bozeman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *